Presiden Jokowi Sebut Pengalaman dan Rekam Jejak Zulkifli Hasan Bisa Tuntaskan Masalah Banpok

- 15 Juni 2022, 15:53 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai dilantik Presiden Jokowi pada Rabu, 15 Juni 2022 siang.Presiden
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai dilantik Presiden Jokowi pada Rabu, 15 Juni 2022 siang.Presiden /Hiro/ Sumber: Tangkap layar YouTube Sekretariat

PORTAL MINAHASA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dalam reshuffle kabinet di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 15 Juni 2022.

Pelantikan Zulkifli Hasan oleh Presiden Jokowi ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022.

Usai pelantikan, Presiden Jokowi mengatakan ditunjuknya Zulkifli Hasan sebagai Menteri perdagangan ini lantaran dilihat dari pengalaman panjang di lapangan serta rekam jejaknya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ceritakan Momen saat Takziah Eril, Netizen Bingung Mau Ketawa Atau Sedih

Menurut Jokowi, pengalaman dan rekam jejak Zulkifli Hasan dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas Menteri Perdagangan, terutama untuk menjaga ketersediaan bahan pokok (banpok) di masyarakat.

"Kita melihat semuanya, rekam jejak pengalaman, kemudian terutama untuk kemampuan manajerial. Sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikro-nya juga harus secara detil dikerjakan. Saya lihat Pak Zul dengan pengalaman, rekam jejak yang panjang saya kira akan sangat bagus untuk Mendag," kata Presiden usai pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Presiden melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) untuk menggantikan Muhamad Lutfi. Menurut Presiden, saat ini pengalaman lapangan dari seorang menteri sangat dibutuhkan agar mampu melihat kondisi riil yang dialami masyarakat.

Baca Juga: Prancis Gagal Lolos Empat Besar UEFA Nations League Setelah Ditumbangkan Kroasia di Kandang Sendiri

"Sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja yang terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan yang utamanya berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," ujarnya seperti dikutip Portal Minahasa dari Antara.

Halaman:

Editor: Mulyadi Pontororing

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini