Komisioner KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 Dilantik, Presiden: Segera Tancap Gas Persiapkan Pemilu

- 12 April 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Pemilu.
Ilustrasi Pemilu. /Antara/Fransisco Carolia/

PORTAL MINAHASA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik seluruh pejabat komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022/2027 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 12 April 2022.

Dalam keterangan persnya, Presiden Jokowi meminta jajaran komisioner KPU dan Bawaslu segera tancap gas guna mempersiapkan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Presiden Jokowi juga mengingatkan agar para pejabat KPU dan Bawaslu, untuk senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah maupun DPR RI.

Baca Juga: Mahfud MD Minta Polri Tindak Tegas Pelaku Penganiayaan Ade Armando

"Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menjalankan tugas serta kewenangan-nya untuk mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan pada tahun 2024," kata Presiden dalam keterangan pers terkait pelantikan itu yang dirilis kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, seperti yang dikutip dari ANTARA.

Tuntutan untuk tancap gas dari Presiden memang menjadi hal wajar, terlebih KPU dijadwalkan mengikuti Rapat Dengar Pendapat bersama DPR RI dan pemerintah pada Rabu 13 April 2022.

Presiden Jokowi juga menyoroti tantangan yang dihadapi KPU serta Bawaslu untuk mempersiapkan pesta demokrasi 2024 nanti, sebab itu menjadi kali pertama Pemilu dan Pilkada digelar dalam satu tahun yang sama.

Baca Juga: Polisi Tangkap Dua Terduga Pengeroyok Ade Armando: Bukan dari Elemen Mahasiswa

Tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada Juni mendatang, sesuai dengan amanat undang-undang bahwa tahapan pemilu sudah harus dimulai sekurang-kurangnya 20 bulan sebelum hari pemungutan suara yang dijadwalkan dilangsungkan pada 14 Februari 2024.

Halaman:

Editor: Mulyadi Pontororing

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini