Ekonomi Indonesia Terancam Goyang Akibat Inflasi, Legislator DPR RI Bilang Begini

- 18 Mei 2022, 08:18 WIB
Jika inflasi meningkat, maka krisis ekonomi ancam Indonesia
Jika inflasi meningkat, maka krisis ekonomi ancam Indonesia /Image by Markus Winkler from Pixabay

PORTAL MINAHASA – Inflasi di Indonesia akan menyebabkan harga melonjak, menurunkan daya beli masyarakat, meningkatkan suku bunga, serta meningkatkan pengangguran dan kemiskinan.

Ini ancaman serius. Anggota Komisi IX DPR RI Heri Gunawan mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperkuat program perlindungan sosial masyarakat Indonesia.

Tingkat inflasi Indonesia pada 2022 diperkirakan meningkat di atas 5-6 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri mencatat, tingkat inflasi per April 2022 telah mencapai 3,47 persen secara tahunan. Secara bulanan inflasi mengalami kenaikan 0,95 persen.  

Baca Juga: Akar Ginseng, Rajanya Obat Tradisional dari Asia, Simak Sederet Manfaatnya

Dalam siaran persnya Rabu 18 Mei 2022, legislator yang akrab disapa Hergun itu memaparkan sebelumnya, DPR RI dan pemerintah telah sepakat menetapkan inflasi Indonesia 2022 pada rentang 2-4 persen.

Jika angka inflasi Indonesia melebihi yang ditetapkan, maka perlu penguatan daya beli masyarakat dan menjamin ketersediaan barang. Adapun jika kedua hal tersebut tidak dilakukan, bisa saja naiknya inflasi akan memberikan dampak negatif terhadap perekonomian.

Menurut Kapoksi Gerindra di Komisi XI DPR RI itu, kenaikan inflasi sebetulnya menunjukkan pulihnya daya beli masyarakat Indonesia setelah dua tahun melemah akibat pandemi Covid-19. Penguatan daya beli, katanya, membuktikan pula upaya pemulihan ekonomi nasional sudah relatif membuahkan hasil.

Baca Juga: Begini Cara Baiat teroris MIT Poso ke ISIS yang Dibongkar Polisi

“Inflasi akan menyebabkan harga-harga di Indonesia melonjak tinggi, menurunkan daya beli masyarakat, meningkatkan suku bunga, serta meningkatkan pengangguran dan kemiskinan.”

Halaman:

Editor: Fauzi Amrullah Permata

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x