Ma'ruf Amin Sebut Islam Bisa Jadi Solusi Krisis Global: Ajarannya Universal dan Selalu Relevan

- 8 Juni 2022, 21:19 WIB
Wapres RI Ma'ruf Amin/
Wapres RI Ma'ruf Amin/ /ANTARA/HO-BPMI Setwapres/

PORTAL MINAHASA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan agama Islam memiliki peran penting serta menjadi solusi dalam mengatasi tantangan dan dinamika krisis global.

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, sebagai ajaran yang universal Islam selalu relevan dengan situasi dan kondisi apa pun.

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf Amin dalam Konferensi Internasional Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda melalui konferensi video dari Jakarta, Rabu, 8 Juni 2022.

Dalam acara yang mengusung tema "Peran dan Tantangan Agama dalam Merespons Krisis Global itu, Wapres menjelaskan para ulama telah merumuskan bahwa tujuan syariat Islam adalah untuk kemaslahatan manusia, baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga: Indonesia Sudah di Fase Endemi Covid-19, Simak Penjelasan Satgas IDI

"Islam, sebagai ajaran universal dan selalu relevan dengan situasi dan kondisi apa pun dan di mana pun, diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengatasi berbagai tantangan dan dinamika dari krisis-krisis global," kata Wapres.

Para ulama menetapkan prinsip-prinsip yang membawa kemaslahatan, yaitu menjaga agama, menjaga keselamatan jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan, dan menjaga harta.

Bahkan, tambah Ma'ruf, masih ada dua prinsip lagi yang termasuk dalam tujuan syariat Islam perlu ditambahkan, yaitu menjaga keamanan dan kedamaian serta menjaga lingkungan dari ancaman kerusakan lingkungan global.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ungkap Tiga Tantangan Timnas Indonesia Melawan Kuwait di Piala Asia 2023  

Halaman:

Editor: Mulyadi Pontororing

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini