Indonesia Bakal Hadapi Ledakan Penduduk, Prabowo Ungkap Syarat Agar Jadi Negara Kuat

- 3 Juli 2022, 16:51 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) Ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 2 Juli 2022.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) Ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 2 Juli 2022. /Tim Media Prabowo Subianto/

PORTAL MINAHASA - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto mengungkapkan Indonesia akan menghadapi ledakan jumlah penduduk.

Untuk itu ,Prabowo mengatakan untuk menghadapi hal tersebut dan menjadi negara yang kuat, bangsa ini harus memenuhi sejumlah syarat.

Hal ini disampaikan Prabowo saat menjadi narasumber dalam "Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno Ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi)" di Nusa Dua, Bali, Sabtu 2 Juli 2022.

"Untuk negara kita kuat, (ada) lima syarat ketahanan negara, khususnya di bidang ekonomi dan pertahanan," kata Prabowo.

Baca Juga: Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia Tak Langsung Hentikan Perang, Tapi Bisa Turunkan Tensi dan Pulihkan Ekonomi

Lima syarat tersebut adalah swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, penguatan lembaga-lembaga pemerintahan dan sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan, serta keberadaan angkatan perang yang unggul.

Prabowo juga menilai ada tiga hal yang harus dipenuhi Indonesia dalam menghadapi ledakan jumlah penduduk tersebut. Yakni harus memastikan kecukupan pangan, energi, dan air.

"Kita harus memastikan kecukupan dari yang disebut FEW, yakni food, energy, and water (pangan, energi, dan air) karena kita menghadapi ledakan penduduk," ucap Prabowo.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Empat Faktor Indonesia Menuju Negara Ekonomi Besar Dunia pada 2045

Halaman:

Editor: Mulyadi Pontororing

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x