Misteri Keberadaan Kuburan Tan Malaka, Pimpinan PKI yang Juga Pahlawan Nasional

- 21 September 2022, 03:22 WIB
Salah satu buku karya Tan Malaka, mantan pemimpin PKI yang juga pemegang gelar Pahlawan Nasional, tapi keberadaan makam tak jelas.
Salah satu buku karya Tan Malaka, mantan pemimpin PKI yang juga pemegang gelar Pahlawan Nasional, tapi keberadaan makam tak jelas. /Instagram @youlreads/

PORTAL MINAHASA - Tan Malaka merupakan salah satu tokoh yang pernah menjabat sebagai pimpinan PKI.

Tan Malaka terpilih sebagai Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1921 karena dinilai punya kepedulian besar pada aktivitas sosialis.

Sejak muda, Tan Malaka memang giat memperjuangkan nasib rakyat kecil.

Baca Juga: Biro Khusus, Bukti Infiltrasi PKI di Tubuh Militer

Baik di tanah air, maupun saat menempuh pendidikan di luar negeri, Tan Malaka menghabiskan waktu luangnya mengamati nasib buruh, kuli, dan masyarakat kelas bawah.

Walaupun pernah diangkat sebagai pimpinan PKI, Tan Malaka tidak mendukung cara-cara kekerasan. Pendekatan sosialis ala Tan Malaka lebih mengutamakan pencerdasan rakyat dan perubahan sistem demokrasi.

Meskipun demikian, hidup Tan Malaka berakhir di tangan pasukan militer Indonesia tanpa pengadilan pada tahun 1949. Kisahnya ironis. Kematiannya pun ternyata kemudian menjadi misteri tersendiri.

Baca Juga: Prosesi Pemakaman 7 Pahlawan Revolusi Korban G30S PKI

Selama lebih dari setengah abad tak ada yang tahu--dan tak cukup peduli untuk tahu--di mana makam Tan Malaka. Sampai muncul seorang peneliti bernama Harry Albert Poeze.

Halaman:

Editor: Abhiseva Harjo Nugraha


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini