Pengamat Sebut Jokowi dan Megawati Sebagai ‘King Maker’ di Pilpres 2024

- 11 Mei 2022, 19:04 WIB
Megawati Soekarno Putri bersama Jokowi. Pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Danis TS Wahidin, komentari pertemuan elite politik belakangan ini.
Megawati Soekarno Putri bersama Jokowi. Pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Danis TS Wahidin, komentari pertemuan elite politik belakangan ini. /Instagram/@puanmaharaniri/

PORTAL MINAHASA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati Soekarnoputri, dinilai mempunyai peran penting dalam persaingan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 nanti.

Secara politik, keduanya dinilai memiliki kemampuan untuk menentukan sosok penentu pasangan calon presiden dan wakil presiden nanti.

"Keduanya (Jokowi dan Megawati) adalah king maker," kata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara.

"Jokowi sebagai presiden dua periode yang diusung PDI Perjuangan, memiliki pendukung militan dan sudah tentu pendapat Presiden akan sangat dipertimbangkan dalam penentuan pasangan calon yang diusung partai banteng pada Pilpres 2024," katanya lebih lanjut.

Selain memiliki pengikut yang ideologis dan satu komando, PDI Perjuangan juga merupakan partai yang memiliki suara terbanyak dalam pemilu 2019.

Baca Juga: Polda Sulut Pastikan Lebaran 1443 H di Sulawesi Utara Berlangsung Aman dan Lancar

Pilihan rasional secara politik dari kedua king maker ini, kata Robi adalah memadukan antara Prabowo Subianto dan Puan Maharani dalam Pilpres 2024.

"Pasangan ini (Prabowo-Puan) sangat berpeluang," ucapnya.

Bagi Jokowi, Prabowo dan Puan Maharani merupakan orang dekat yang pernah menjadi bawahannya. Sebelum menjabat sebagai ketua DPR, Puan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada kepemimpinan pertama Jokowi, 2014-2019.

Halaman:

Editor: Mulyadi Pontororing

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini