Menkeu Anggap Utang Rp7.000 Triliun Masih Aman, Rocky Gerung: Berefek ke Rakyat Kecil

- 18 April 2022, 21:24 WIB
Ilustrasi meningkatnya utang negara.
Ilustrasi meningkatnya utang negara. /Pixabay/geralt/

PORTAL MINAHASA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan posisi ekonomi Indonesia masih aman meski utang negara saat ini mencapai Rp7.014,58 triliun.

Hal ini pun mendapat tanggapan dari pengamat politik Rocky Gerung. Dia menganggap Menkeu selalu berkilah dan menyebut angka utang negara tersebut masih aman.

Apalagi Sri Mulyani tak mau menyamakan poisisi ekonomi Indonesia dengan Sri Lanka yang bangkrut akibat utang.

Rocky Gerung menjelaskan, di atas kertas memang utang Indonesia saat ini tidak membahayakan dan wajar dianggap aman. Namun menurutnya, dampaknya itu langsung dirasakan masyarakat kecil.

Baca Juga: Polisi Imbau Masyarakat Tak Gunakan Sepeda Motor Untuk Mudik Lebaran 2022

"Ibu Sri Mulyani tentu agregat makronya dikumpulkan, lalu dibagi dengan PDB kita, dan lalu dianggap ‘oke ini belum membahayakan’. Ya memang di atas kertas tidak membahayakan, tetapi mikro problem di rakyat itu, yakni daya beli, ukuran-ukuran kekayaan, disparitas, nggak bisa terbaca di dalam statistik," ujar Rocky Gerung, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com di kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Senin, 18 April 2022.

Dia beranggapan, mungkin saja statistik menunjukkan perbandingan utang negara dan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) bagus. Namun, disparitas alias perbedaan pendapatan di masyarakat sangat tinggi.

Hal ini menurut Rocky, dapat mempengaruhi rakyat-rakyat kecil yang berusaha dengan usaha minimum.

Baca Juga: Kecam Serangan Israel di Masjid Al-Aqsa, Erdogan: Turki Selalu Dukung Palestina

Halaman:

Editor: Mulyadi Pontororing

Sumber: PRMN


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah